7 Tips Memilih Mobil Bekas Yang Berkualitas

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/07/18/20170718115655-0479.jpg”>

Kali ini kami hendak memperkenalkan 7 tips membeli mobil bekas yang berkualitas di bawah ini.

Tempat membeli

1. Tempat Pembelian

Tips pertama adalah memperhatikan tempat pembelian mobil. Memang kini ada banyak tempat menjual mobil bekas dengan berbagai harga. Namun untuk mendapatkan mobil bekas terbaik Anda juga bisa membelinya langsung dari orang yang sedang ingin menjualnya.. Membeli di showroom memberikan Anda banyak pilihan, namun biaya pembelian lebih besar dibanding jika Anda membelinya langsung dari orang pertama. Membeli mobil bekas melalui perantara maka biayanya juga pun lebih mahal.

Cek eksterior

2. Eksterior Mobil

Setelah Anda menentukan tempat membeli mobil, langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan pada bagian eksterior mobil, kongkritnya:

Cek bagian bodi mobil

Lihat apakah ada goresan atau rusak pada bodi mobil ini.

Cek kondisi cat mobil

Lihat apakah cat mobil tersebut masih mulus atau sudah kasar

Cek bagian kaca mobil

Cek bagian lampu

Perhatikan lampu mobil, apakah ada yang pecah dan bisa menyala dengan baik, malah cahaya lampu tersebut sudah tidak terang lagi atau bahkan malah sudah tidak menyala lagi

Baca Juga:  Lampu Check Engine Menyala? Ini yang Harus Dilakukan

Cek ban mobil

Lihat keadaan keempat bannya, apakah masih okie atau sudah aus.

Cek mesin mobil

3. Performa Mesin Mobil

Inilah bagian penting dalam proses pengecekan yang tidak boleh terlewatkan. Anda coba menghidupkan mesin mobil dan perhatikan bunyi mesin yang menyala. Mesin yang terdengar baik adalah mesin yang terdengar halus dan tidak kasar, mudah di-starter.

Sambil menyalakan mesin Anda coba melakukan tes drive. Cobalah untuk mengoper gigi untuk pastikan oper gigi ini berjalan dengan lancar. Anda harus memperhatikan dengan benar kondisi mobil saat berjalan. Bila terasa berat, cenderung berbelok kearah kiri atau kanan, sebaiknya Anda berpikir dua kali untuk membelinya.

Cek aksesoris dan interior

4. Aksesoris dan Interior

Setelah selesai dengan bagian eksterior dan mesin, selanjutnya adalah mengecek bagian aksesoris dan interior mobil. Beberapa komponen aksesoris dan interior mobil yang perlu Anda perhatikan antara lain adalah bagian dashboard, setel AC, karpet, serta kualitas jok dan langit-langitnya. Anda coba menduduki jok, tarik ke belakang, dan cek kualitas pelapisnya. Jangan lupa cek juga bagian kaca, coba menaik-turunkan kaca mobil. Selain itu, cek tombol wiper serta kondisi buka-tutup pintu mobil. Terakhir, Anda mengecek lampu sein, hazard, lampu depan, dan lampu rem. Radio atau fasilitas audio lainnya juga penting untuk Anda coba dengan cara menyalakan dan memutarnya.

Baca Juga:  Setahun Facelift, Ini Dia Perbedaan Avanza Tipe E dan G

Cek surat -surat

5. Kelengkapan Surat-surat

Surat-surat kendaraan adalah hal yang juga wajib Anda perhatikan saat membeli mobil. Pastikan Anda mendapatkan BPKB dan STNK yang asli.

Cek fisik

6. Cek Fisik

Untuk lebih meyakinkan lagi, tidak ada salahnya untuk melakukan cek fisik di kantor samsat. Dengan cek fisik ini Anda akan bisa memastikan sekali lagi data dan informasi di dokumen BPKB dan STNK sesuai dengan yang sebenarnya di mobil.

Cek asuransi

7. Asuransi

Terakhir adalah asuransi yang ada pada mobil tersebut. Jika mobil bekas yang akan Anda beli mempunyai asuransi tentu ini akan sangat lebih baik.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga:  3 Jenis Noda di Dasbor Dan Tips Merawatnya Agar Tetap Terlihat Bersih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *