6 Tips Dasar Bagi Pemilik Mobil Baru

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/07/22/20170722084727-5c3b.jpg”>

Garansi mobil

1. Garansi mobil

Pastikan bahwa Anda sudah memahami sejelas tentang garansi mobil Anda. Anda wajib tahu bagian-bagian yang termasuk garansi dan bagian-bagian yang tidak termasuk garansi. Biasanya untuk mesin garansi 3 tahun atau 100.000 km yang pertama namun untuk aki dan beberapa bagian memiliki garansi terbatas, misalnya aki biasanya 2 tahun, yang berarti jika aki mobil Anda rusak sebelum 2 tahun maka Anda bisa menggantinya secara gratis di servis resmi merk mobil Anda.

Asuransi mobil

2. Asuransi

Kalau mobil Anda diasuransikan, pastikan Anda sudah memahami klausul asuransi, kejadian apa yang di cover dan kejadian apa yang tidak di cover. Selain itu, perhatikan pula biaya tanggungan sendiri per kejadian (biasanya 300.000 per kejadian) juga sangat penting. Jadi menggunakanlah asuransi yang ternama, profesional dan memiliki rekanan bengkel yang bagus!

Baca Juga:  Tubuh Terhidrasi Menghindari Kelelahan di Jalan ketika Mudik, Intip Caranya!

Servis mobil rutin

3. Servis Rutin

Anda harus tahu jadwal melakukan service rutin untuk mobil baru Anda. Biasanya di 1000 km pertama Anda sudah perlu melakukan servis rutin untuk melakukan pemeriksaan fungsi komponen mobil Anda apakah berjalan normal atau tidak? Dan servis di 1000 km pertama ini sebagian besar gratis. Kemudian service 10.000 dan kelipatannya.

Oli mesin

4. Oli mesin

Tahu jenis oli (bukan merk) yang di rekomendasikan oleh produsen mobil adalah hal yang wajib Anda tahu. Gunakan jenis oli yang sesuai rekomendasi produsen dan mengganti oli setiap 10.000 km. Pada saat mengganti oli, terutama ganti merk oli maka filter oli juga perlu diganti.

Baca Juga:  Mobil Bekas di Kudus: Pilihan 5 SUV Terbaik Cintamobil.com

Bahan bakar

5. Bahan bakar

Setiap mobil menggunakan bahan bakar yang berbeda. Jadi tanyakan kepada penjual bahan bakar apa yang direkomendasikan oleh produsen mobil Anda. Sebagian besar merekomendasikan menggunakan BBM jenis pertamax keatas namun menurut kami BBM kualitas premium sudah cukup baik.

Tekanan ban mobil

6. Tekanan ban

Ban adalah sebuah komponen mobil yang sangat penting. Jadi Anda harus periksa tekanan ban sebelum mulai perjalanan dengan mobil, standard tekanan ban adalah 30-34 Psi. Selain itu, untuk tekanan ban lebih baik Anda mengganti udara di ban dengan menggunakan Nitrogen saja. Memakai Nitrogen membuat ban lebih stabil untuk suhu panas. Biaya untuk penggantian udara ban menjadi nitrogen sekitar Rp 10.000 – Rp 20.000 setiap ban.

Baca Juga:  Sediakan Hal Menarik, Ini Tips Mengunjungi Booth Daihatsu di GIIAS 2019

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *