5 Tips Merawat Mobil agar Awet dan Bagus

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/11/16/XlYbOKmo/b-1-aceb.jpg”>

Selain melakukan pemeriksaan mesin secara berkala, ada beberapa tips yang bisa teman lakukan untuk menjaga kondisi mesin mobil. Tim CintaMobil akan memberikan tips tentang beberapa hal yang bisa dilakukan untuk merawat mesin mobil. Berikut ulasannya:

1. Ganti oli secara berkala

Kondisi oli yang baik akan membuat performa mesin juga terjaga. Jangan biarkan oli yang berada dalam mesin sudah kotor yang lama. Karena itu, ganti oli mesin secara berkala seusai dengan aturan standar perawatan mesin.

Oli sangat penting untuk menahan gesekan pada mesin

Biasanya, setiap mobil memiliki aturannya masing-masing terhadap pergantian oli. Biasanya, pergantian oli dilakukan ketika sudah menempuh jarak 3000 km sampai dengan 5000 km. Hal ini juga disesuaikan dengan perjalanan yang dilakukan oleh mobil teman. Ketika mobil menempuh perjalanan yang sulit, seperti banyak mendaki maupun melalui jalan yang sulit dilalui, akan membuat teman harus mengganti oli lebih awal.

2. Cek kondisi radioator

Radiator berfungsi untuk menetralisir panas yang muncul akibat pergesekan yang terjadi dalam mesin. Jika air radioator tidak bekerja dengan baik, makan mesin akan cepat panas dan membuat mesin mudah rusak.

Baca Juga:  3 Jenis Noda di Dasbor Dan Tips Merawatnya Agar Tetap Terlihat Bersih

Cek kondisi radiator secara berkala

Mesin yang cepat panas akan membahayakan mobil itu sendiri. Untuk itu, selalu perhatikan kondisi radiator dan airnya. Waspadai kebocoran air radiator ketika anda merasa air radiator selalu berkurang.

3. Cek kondisi Filter Karburasi

Filter saringan karburasi berfungsi untuk membantu mobil ketika dihidupkan. Jika mobil teman sering sulit dihidupkan, cobalah cek filter saringan karburasi. Ada kemungkinan filter karburasi teman kotor atau banyak debu yang hinggap.

Filter karburasi penting untuk menghidupkan kendaraan

Jika filter karburatr teman kotor, teman bisa membersihkannya sendiri. Caranya cukup mudah, yaitu bersihkan dengan sikat gigi bekas sehingga debu dan kotoran yang menempel terbuang.

Selain itu, hindari menggunakan kompresor atau hairdryer untuk mencegah kerusakan terjadi pada filter karburasi teman.

Baca Juga:  Anugrah Motor BMW, Bengkel Spesialis BMW Segala Umur

4. Bersihkan kerak pada mesin

Jangan biarkan kerak muncul pada mesin

Kerak bisa saja terbentuk pada mesin jika mesin jarang dibersihkan. Semakin lama teman membiarkan mesin kotor, maka kerak yang tercipta akan menjadi lebih susah dibersihkan. Cara untuk membersihkannya juga cukup mudah. Teman cukup menginjak pedal gas semakin dalam sehingga kerak-kerak yang berada pada mesin menjadi rontok dan terbuang dalam knalpot.

5. Isi penuh tangki mesin

Mengisi tangki bensin dengan penuh bisa mencegah tangki bensin teman menjadi kotor dan berkarat. Usahakan untuk mengisi tangki bensin secara penuh agar bagian atas tangki bisa terbsersihkan dengan lumuran minyak.

Lakukan pengisian tangki secara penuh untuk mencegah kerak

Untuk perawatan tangki, bersihkan kerak yang tercipta di bagian atas tangki maupun di dalam tangki. Karena jika dibiarkan, kerak tersebut bisa masuk ke saluran pembakaran dan membahayakan mesin.

Tips merawat mobil lebih murah dibandingkan harga yang akan teman keluarkan untuk memperbaiki mobil yang sudah rusak. Untuk menghindari kerusakan, selalu lakukan perawatan secara berkala dan menyeluruh. Semoga tips merawat mobil ini bisa membantu teman CntaMobil dalam merawat mobil teman.

Baca Juga:  Kenali Ciri-Ciri Keaslian STNK Dan BPKB Melalui Internet

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *