5 Tips dan Trik yang Bisa Dilakukan untuk Merawat Mobil Bekas

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/01/25/Ay6TmsFs/d5-959a.jpg”>

Mobil tua atau mobil bekas membutuhkan sedikit perawatan yang lebih banyak. Tapi, bukan hanya membutuhkan banyak perawatan, namun mobil bekas membutuhkan perawatan yang efisien. Percaya atau tidak, ada tips merawat mobil bekas sederhana yang membantu mobil bekas anda terawat tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

1. Pastikan pertukaran oli dan filter teratur

Mengganti oli dan filter secara teratur bisa memperpanjang umur mesin. Faktanya, jika anda tidak mengubahnya secara teratur, anda bisa membuat masalah pada bagian mesin dari waktu ke waktu. Jadi, pastikan anda mengganti oli dan juga saringan oli untuk menjaga mesin jauh dari korosi dan penyumbatan yang menjadi musuh utama mesin.

Oli berpengaruh penting dalam kinerja mesin

Anda bisa melakukannya sendiri di rumah atau bisa membawa mobil ke bengkel untuk sepenuhnya dikerjakan oleh teknisi atau montir. Lalu, untuk pergantiannya, jangan pernah lebih dari tanggal atau jarak tempuh mobil secara berkala. Yang dibutuhkan ada menggantinya secara teratur. Pastikan untuk selalu mempunyai pengingat jadwal pertukaran oli anda.

2. Jangan lupa mengganti cairan mobil

Mengganti oli dan cairan transmisi merupakan salah satu hal yang mempengaruhi kinerja mesin. Terlebih jika anda mempunyai mobil bekas. Anada tidak perlu sering-sering mengganti cairan ini, tapi anda harus mengetahui waktu yang tepat untuk menggantinya. Anda bisa melihat jadwalnya melalui manual yang ada pada mobil anda.

Baca Juga:  Bingung Pilih Mobil Keluarga? Simak 3 Pilihan Mobil LCGC Bekas Di Bawah Rp. 100 Juta

Ganti semua cairan mobil dengan teratur

Selain itu, mengganti minyak rem secara berkala penting untuk dilakukan untuk menjaga kelancaran kinerja komponen rem. Dengan mengganti minyak rem, anda bisa melindungi rem mobil dari kelembapan, karat, dan korosi. Hal ini tentunya bisa membuat kenyamanan berkendara menjadi lebih baik.

3. Beri perawatan khusus bagi pendingin

Apalagi jika anda menggunakan mobil bekas atau mobil yang sudah tua, AC seringkali menimbulkan masalah karena kurang bagus atau bocornya pendingin. Sebaiknya, periksa pendingin mesin setiap beberapa bulan sekali atau selalu periksa ketika anda melakukan perawatan bulanan ke bengkel.

Sistem pendingin mesin mobil tua memiliki kontribusi penting

Untuk mengetahui masalah yang ada, periksa setiap beberapa bulan untuk masalah kebocoran pada pendingin mesin atau apakah pendingin mesin masih layak untuk dipakai. Anda bisa melihat panduan manual yang ada pada mobil atau ketika anda melmeriksa mobil. Tapi, pastikan untuk selalu menjaga pendingin mesin untuk menghindari hal-hal buruk yang akan menimpa mesin anda.

Baca Juga:  Memeriksa Penyebab Getaran tidak Biasa pada Mobil

4. Pastikan cahaya tetap ada

Lampu depan, selama beberapa dekade terakhir, dibuat dalam bentuk komposit plastik yang mempunyai kecenderungan untuk meredup selama beberapa tahun. Padahal, lampu merupakan salah satu aspek penunjang penting dalam kenyamanan berkendara anda, apalagi di malam hari.

Pastikan lampu mobil menyala dengan terang

Hindari redupnya penglihatan mobil anda. Hal ini bukan hanya membuat mobil terlihat semakin tua dan ‘bekas’, tapi juga mempengaruhi kejernihan lampu depan. Cobalah cari pilihan untuk melakukan restorasi lampu. Hal ini bisa memberikan anda lampu depan yang jernih dengan biaya yang murah.

5. Lakukan perawatan menyeluruh

Pembersihan rutin selalu menjadi pilihan utama yang harus dilakukan oleh setiap pemilik mobil, terlebih jika anda memiliki mobil yang sudah tua atau mobil bekas. Tidak harus dilakukan setiap bulan, tapi mobil tua membutuhkan perombakan kecil, atau besar, dalam hal pembersihan secara menyeluruh dengan busa, pencucian atau pembersihan dengan angin.

Rawat mobil secara keseluruhan

Keluarkan semua barang dari mobil anda, lalu bersihkan semua noda, debu, dan kotoran yang menempel di mobil. Bahkan, anda juga harus memperhatikan kebersihan roda dan ban. Selain itu, bersihkan kotoran yang menempel pada bagian bawah mesin.

Baca Juga:  Ini Triknya untuk Mengobati Lelah Setelah Berkendara Seharian

Anda bisa membuat mobil tua anda menjadi seperti baru dengan video ini

Melakukan semua tips merawat mobil bekas di atas bukan hanya membuat mobil terasa seperti baru, tapi anda juga bisa merasakan perubahannya ketika mengendarai mobil tersebut. Dengan beberapa perawatan yang tidak terlalu mahal, anda masih bisa menemukan kesenangan mengemudi dalam mobil-mobil tua yang seringkali terlihat klasik.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *