5 Tips Aman untuk Parkir Mobil di Daerah Perkotaan

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/11/16/XlYbOKmo/d-a889.jpg”>

1. Pasang alarm, kunci pintu mobil dan tutup jendela

Hal ini sepertinya cukup jelas, tetapi tidak semua mobil mempunyai alarm otomatis yang bisa langsung aktif ketika mobil dikunci. Beberapa mobil mempunyai alarm yang harus diaktifkan dengan menekan tombol alarm yang ada pada kunci mobil. Penggunaan valet parking juga berpengaruh; pastikan teman tidak lupa untuk mengaktifkan alarm ketika teman menggunakan jasa valet parking.

Jangan lupa untuk memasang alarm dan mengunci pintu

Selain itu, jangan sampai teman lupa mengunci pintu mobil. Meskipun sudah diingatkan berkali-kali, kebiasaan mengunci pintu biasanya berkembang dari kebiasaan sehari-hari. Ada sebagian orang yang terbiasa langsung pergi ketika menutup pintu mobil dan lupa mengunci pintu. Selain itu, ketika cuaca panas, kebanyakan pengemudi menurunkan kaca mobil untuk membiarkan udara masuk. Meskipun hal ini tidak dilarang, tetapi pencuri bisa dengan mudah membuka pintu dengan sedikit bantuan dari kaca jendela yang terbuka. Demi keamanan mobil anda, selalu tutup rapat kaca jendela mobil.

2. Parkir ditempat yang disinari lampu jalanan

Lebih baik untuk parkir mobil di tempat yang disinari lampu jalanan dibandingkan tempat yang gelap dan remang-remang. Lebih baik lagi jika teman memarkir kendaraan di depan toko yang memiliki lampu depan yang terang.

Baca Juga:  Bahayanya Campur Oli Mesin Beda Merek

Hindari parkir mobil di tempat yang gelap

Pencuri lebih mudah terdeteksi jika mencoba mencuri mobil di tempat yang terang dibandingkan tempat yang gelap. Selanjutnya, jika teman ingin meninggalkan mobil tersebut semalaman, lebih baik letakkan mobil di depan toko yang buka 24 jam. Toko yang didatangi oleh orang dengan konstan bisa membuat pencuri berfikir dua kali untuk mencurinya.

3. Gunakan kunci roda

Sediakan kunci roda untuk keamanan belipat

Kunci roda digunakan untuk mencegah pencuri mengambil mobil teman, meskipun si pencuri bisa membuka pintu mobil. Meskipun pencuri yang cukup handal bisa melepaskan kunci roda tersebut, hal itu tentu memperlama pekerjaannya. Mengapa harus berlama-lama membuka sebuah kunci roda ketika dia bisa mencari mobil lain yang tidak mempunyai kunci roda? Setidaknya pengamanan ini bisa mencegah pencuri mengambil mobil teman.

Baca Juga:  Jangan Diabaikan, Berikut 5 Gejala Rem Blong Yang Harus Anda Waspadai

4. Bawa barang-barang berharga

Jangan pernah meninggalkan barang berharga di dalam mobil

Jangan pernah meninggalkan barang-barang berharga dalam mobil. Barang-barang seperti laptop, dompet, tab, maupun smartphone merupakan barang yang akan mengundang pencuri untuk menghampiri mobil teman. Meskipun teman sudah melakukan proteksi mobil dengan memasang kunci stir, hanya dengan membuka kaca, barang-barang tersebut bisa lenyap dalam sekejap

5. Gunakan rem tangan

Maksmalkan penggunaan rem tangan ketika parkir mobil

Terkadang kita lupa untuk menggunakan rem tangan ketika kita memarkirkan mobil. Rem tangan berguna agar tidak ada orang yang bisa mendorong mobil teman. Terlebih jika teman parkir mobil di jalanan. Tidak akan ada orang yang curiga jika ada orang yang mendorong mobil di jalanan, kan? Melakukan parkir parallel juga berguna untuk mencegah mobil teman didorong oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Untuk menimbulkan perasaan yang aman ketika memarkirkan mobil, parkirlah di tempat yang telah disediakan. Lakukan parkir mobil di jalanan ketika sudah tidak ada lagi tempat untuk memarkirkan mobil anda. Selain tidak aman, memarkirkan mobil di jalanan juga bisa mengganggu pengguna jalan lain dan mempersempit jalan. Tetap menjadi pengemudi yang pintar dan tidak menggangu ketertiban umum, ya guys.

Baca Juga:  Superior, Ban Baru Goodyear Assurance DuraPlus 2 Bisa Dipakai Hingga 110.000 Km

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *