5 Langkah Perawatan Mobil yang Tidak Bisa Diabaikan

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/12/13/XlYbOKmo/a-92ab.jpg”>

Selain melakukan perawatan secara teratur dan berkala, ada beberapa bagian penting dari mobil yang harus selalu diperhatikan. Membiarkan beberapa bagian ini tidak terawatt samah ahlnya dengan membiarkan mobil teman mati perlahan. Apa saja perawatan tersebut? Cintamobil sudah merangkumnya untuk anda.

1. Memperhatikan lampu “check engine”

Nyama mobil adalah mesin. Lalu apa yang terjadi jika teman tidak memperhatikan mesin mobil? Tentunya teman hanya akan mempercepat penuaan mobil sehingga tidak bisa melaju dengan tangguh dan kuat seperti ketika teman baru membelinya pertama kali.

Jangan takut untuk memeriksa lampu mesin

Kristin Brocoff, juru bisara dari CarMD.com di Irine, California mengatakan, “50 persen pengemudi mengabaikan lampu mesin mereka menyala lebih dari 3 bulan. Orang-orang takut untuk mencari tahu apa yang salah. Tidak memeriksanya bisa berdampak pada efisiensi bahan bakar serta efek bola salju yang bisa menimbulkan masalah maupun resiko keselamatan.” Dilansir dari Bankrate.com, Kamis (7/12/2017).

2. Mengganti oli secara teratur

Memperpanjang interval penggantian oli melebihi yang telah direkomendasikan bisa mengakibatkan masalah jangka lama pada mesin. Oli yang bertugas sebagai pelumas mesin memiliki pengaruh langsung terhadap kinerja mesin. Bayangkan jika mesin bekerja ditemani dengan oli yang sudah megental dan sudah lama?

Baca Juga:  Knalpot Mobil Diesel Keluar Asap Putih? Cek Bagian Ini

Ganti oli secara teratur untuk kenyamanan berkendara

Lakukan pergantian oli sesuai dengan yang direkomendasikan oleh bengkel maupun situs resmi mobil teman. Beberapa mobil memiliki interval pergantian yang lebih lama dibandingkan yang lain. Mengabaikan pergantian oli ini bisa membuat teman merogoh kocek yang cukup dalam untuk memperbaiki mesin mobil di kemudian hari.

3. Memeriksa tekanan ban

Tekanan ban erat kaitannya dengan bagaimana mobil bisa berjalan dengan mulus di jalanan. Selain iu, tanpa disadari, tekanan ban juga mempengaruhi pengeluaran bahan bakar mobil teman. Brkendara dengan tekanan ban yang kurang bisa membuat mobil banyak menghabiskan bahan bakar dengan sia-sia. Perhatikan video bagaimana cara memeriksa tekanan udara ban berikut ini.

Lihatlah video berikut ini untuk paham lebih jelas, Cara Periksa Tekanan Ban dan Tingkatkan Ban

Setiap pengemudi hatusnya bisa mengecek tekanan ban sebelum melakukan perjalanan, terlebih perjalanan jauh. Bukan hanya ban yang terlalu lunak, tekanan ban yang terlalu banyak bisa menyebabkan ban mengalami ledakan dan mempengaruhi perjalanan teman. Bersamaan dengan oli, lakukan pengecekan berjangka kapan harus memeriksa tekanan ban harian maupun bulanan.

4. Mengganti cairan mobil yang lain

Cairan yang ada dalam mobil bukan hanya oli yang bertugas sebagai pelumas mesin. Mobil juga dijalankan dengan banyak cairan lain, seperti cairan pendingin dan rem, transmisi dan cairan lainnya. Perbaikan pada transmisi mobil termasuk lima perbaikan komponen mobil termahal. Untuk Indonesia, rata-rata perbaikan transmisi adalah 2 sampai 3 juta.

Baca Juga:  Membersihkan Busi Sendiri? Kenapa Tidak!

Jangan lupa ganti cairan mobil yang lain

Intinya, bukan hanya oli, tapi perhatikan juga semua cairan yang ada pada mobil. Lebih baik mengganti dan memperbaharui cairan mobil yang tidak terlalu mahal daripada harus merogoh saku yang terlalu dalam untuk memperbaiki komponen lain yang rusak karena cairan mobil teman.

5. Mengganti filter udara dan filter bahan bakar

Satu komponen bisa membantu perjalanan teman. Tetapi ada komponen mobil yang tidak terlalu diperhitungkan, tetapi memiliki arti penting dalam keberlangsungan perjalanan mobil teman. Salah satunya yaitu filter udara dan filter bahan bakar. Bayangkan jika filter bahan bakar rusak dan merusak kinerja mesin, hal ini akan membuat teman bisa membayar lebih banyak untuk memperbaikinya.

Segera ganti filter udara dan bahan bakar yang kotor

Mengganti saringan udara hanya membutuhkan sekitar 100 sampai dengan 200 ribu. Tapi jika dibiarkan, saluran udara yang kotor bisa merusak sensor oksigen yang membuat teman harus mengeluarkan dana sebesar 1 sampai 2 juta untuk perbaikannya. Karena itu, perhatikan juga filter udara dan bahan bakar dalam setiap perawatan bulanan teman

Baca Juga:  Trik Kembali Bersih Jika Mobil Baru Selesai Dicuci Kena Hujan Lagi

Memiliki mobil bisa dibilang gampang-gampang susah. Jika teman bisa mencari celahnya, mobil bisa membantu kehidupan sehari dengan lebih hemat. Tetapi jika teman tidak bisa menjaganya, mempunyai mobil akan menguras banyak uang dan waktu teman untuk memperbaikinya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *