5 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Ketika Mengganti Sistem Audio

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/01/22/Ay6TmsFs/a-c076.jpg”>

Tak banyak pengemudi yang mengetahui tentang sistem audio pada mobil dan pengerjaannya memerlukan pengetahuan yang cukup. Meskipun begitu, teman juga bisa mengganti audio mobil anda sendirian dirumah. Karena itu, teman bisa melihat beberapa kesalahan umum yang sering terjadi ketika pemilik mobil mengganti sistem audio di rumah.

1. Mengganti sistem tanpa persiapan

Butuh persiapan yang matang sebelum mengganti komponen mobil, apapun itu, bukan hanya sistem audio. Komponen mobil mempunyai inter-koneksi satu sama lain, kesalahan dalam menghubungkan satu kabel bisa saja membuat komponen lain tidak bekerja dengan semestinya.

Perhatikan sistem audio sebelum menggantinya

Karena itu, mengerti tentang bagaimana cara kerja sistem audio merupakan persiapan yang tepat sebelum teman mencoba menggantinya sendiri di rumah. Sistem audio mobil mempunyai beberapa bagian yang saling melengkapi.

2. Tidak melepaskan baterai

Kapanpun teman ingin meng-updrage atau melepas sistem audio, ingat untuk melepaskan koneksi terminal negatif baterai. Melepas koneksi baterai pada sistem audio bisa memcegah arus listrik masuk ke dalam sistem dan memungkinan teman untuk bekerja dengan aman.

Baca Juga:  Tips Mudik: Menghidupkan Mobil Injeksi yang Kehabisan Bahan Bakar

Lepaskan koneksi baterai sebelum membuka sistem audio

3. Subwoofer dan Amplifier yang tidak serasi

Instalansi peralatan yang tidak kompatibel dapat menyebabkan segala macam masalah di dalam mobil. Selain merusak sistem kelistrikan kendaraan, bagian paling buruk bisa membuat sistem audio yang baru rusak sebelum dipakai.

Perhatikan keserasian subwoofer dan amplikasi

Meskipun sistem audio bisa dipakai, jika subwoofer dan amplifier tidak serasi, suara yang keluar tidak maksimal dan tidak terdengar sebagus biasanya. Periksa kembali subwoofer untuk memastikan bahwa impendasi dan konfigurasinya sudah benar untuk amplifiernya. Dan pastikan kekuatan amplifier tidak dibawah atau melebihi subwoofer.

4. Tidak meningkatkan listrik mobil

Sistem kelistrikan mobil dirancang untuk kebutuhan daya sistem audio yang sesuai dengan perangkat asli mobil. Ketika teman ingin meningkatkan sistem audio yang lebih besar, pastikan untuk menyesuaikan dengan sistem kelistrikan mobil. Jika perlu, gunakan baterai tambahan untuk mendukung sistem audio yang baru.

Perhatikan sistem listrik mobil sebelum mengganti sistem audio

Baca Juga:  Bisa Bikin Mata Buta, Ini Alasan Mengapa Ada Larangan Merokok Sambil Nyetir

Baterai yang lebih besar bisa dipasang pada mobil untuk menambah daya listrik yang diperlukan oleh amplifier yang lebih kuat. Solusi lain adalah meningkatkan kekuatan kabel yang berada di bawah kap mobil yang meningkatkan efisiensi aliran kelistrikan, khususnya sistem audio.

5. Pengaturan audio yang tidak sesuai

Pengaturan yang ada di sisi audio mempunyai peran penting dalam kelangsungan hidup sistem audio teman. Setiap sistem audio dilengkapi dengan pengaturan yang direkomendasikan. Pengaturannya juga bergantung pada jenis musik yang teman dengarkan. Memilih pengaturan audio adalah referensi masing-masing pemilik kendaraan.

Pastikan pengaturan audio sesuai dengan sistem

Bahkan, pengaturan dari pabrik mungkin tidak begitu sesuai dengan selera masing-masing pengguna mobil. Jadi, penting untuk mengetahui bagaimana menyesuaikan pengaturan stereo sesuai dengan kebutuhan dan selera masing-masing. Tapi, selau ingat untuk tidak berlebihan dalam mengatur frekuensi dan kebisingan sistem audio. Selain mengganggu pengemudian, mendengarkan suara yang keras selama beberapa waktu akan merusak sistem pendengaran anda.

Baca Juga:  Hati-Hati Setengah Kopling, Bikin Usia Transmisi Lebih Pendek

Meskipun mengganti sistem audio sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah. Mengetahui bagaimana cara-cara dan prosesnya akan membantu penggantian sistem sehingga tidak membuat komponen lain menjadi rusak.

Lihat video di bawah tentang cara upgrade sistem audio mobil paling murah

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *