Mobil  

5 Hal yang Bikin Daihatsu Sigra Digemari Masyarakat Indonesia

tautekno.com – Sigra menjadi tulang punggung Daihatsu. Selama periode Januari hingga Maret 2019, retail LCGC tujuh penumpang ini, laku 12.834 unit. Kontribusinya mencapai 27% terhadap total penjualan Astra Daihatsu Motor (ADM). Artinya, mobil ini terus diminati konsumen. Beberapa alasannya: harga bersahabat, dimensi mobil lapang (di kelasnya), dua pilihan mesin dan jaringan servis yang menjamur.

Harga

Sigra punya 10 varian. Berarti konsumen lebih leluasa memilah unit yang paling sesuai kantong. Tipe 1.0 D MT dilego Rp 114 on the road (OTR) Jakarta. Varian tengah, 1.2 X AT dilepas Rp 145 juta. Dan kasta tertinggi, 1.2 R AT DLX dijual 154,7 juta. Biasanya diler resmi Daihatsu memberikan potongan harga dan promo menarik, menjelang musim mudik.

Dimensi

Ukuran panjangnya 4.070 mm, tinggi 1.655 mm dan tinggi 1.600 mm. Jarak sumbu roda 2.525 mm. Termasuk LCGC keluarga paling lapang, selain saudaranya, Toyota Calya. Apalagi unit mengantongi konfigurasi 7 seater (model 5+2) dan bobot kendaraan 1.570 kg. Jarak tinggi dari tanah 180 mm. Sigra jadi pertimbangan menarik, yang mengakomodasi kebutuhan keluarga muda.

Baca Juga:  Baru Diresmikan, Hyundai Motorstudio Senayan Park Dikunjungi Ribuan Orang

Saat Anda jalan bersama saudara dan famili atau sedang mudik ke kampung halaman. Baris pertama dan kedua, bisa dipakai penumpang. Sedangkan bangku pada baris ketiga bisa dilipat. Hasilnya ruang bagasi yang lebih lapang. Ini yang lebih digemari, dari model LCGC hatchback 5 penumpang.

Jantung Pacu dan Transmisi

Di balik bonet Sigra, terdapat dua pilihan mesin bensin. Yang pertama engine 1KR-VE DOHC berteknologi VVT-i. Ia berkubikasi 998 cc, 3 silinder segaris serta 12 katup. Dengan diameter langkah 71 x 84, pembakaran internal menyuplai tenaga 67 PS pada 6000 rpm. Lalu besaran torsi 89 Nm pada 4.400 rpm. Cukup untuk menopang bodi kompak ini. Namun jangan berharap lebih, saat Anda ingin akselerasi kilat.

Pilihan kedua, engine berkapasitas 1,2 liter 3NR-VE DOHC Dual VVT-i. Unit power punya 4 silinder dan 16 katup. Menghasilkan tenaga sedikit lebih besar, 88 PS pada 6.000 rpm. Kemudian dorongan torsi puncak 108 Nm pada 4.200 rpm. Semuanya menggunakan tipe penyemprotan bahan bakar injeksi (EFI). Mesin diklaim irit, meski tak ada angka konsumsi BBM. Tapi jika sesuai aturan LCGC, efisiensi mobil minimum 20 kpl. Kendaraan murah ini makin menarik dengan pilihan transmisi matik 4 speed dan manual 5 speed.

Baca Juga:  OVO Ekspansi Layanan Luncurkan Produk Asuransi Mobil

Fitur Keselamatan

Biar harganya murah, fitur keselamatan Sigra terbilang cukup. Terpasang dual SRS air bag (mulai dari tipe X), front seat with pretensioner & force limiter dan sistem pengereman ABS (pada AT). Yang pasti, apa yang tersedia sesuai dengan banderolnya.

Jaringan Diler

Kini Daihatsu memiliki 244 diler di penjuru Tanah Air. Kehadiran jaringan pemasaran dan layanan makin memudahkan konsumen. Baik saat membeli maupun melakukan servis mobil. Ini berkaitan pula dengan kemudahan Anda mendapatkan jaminan dan ketersediaaan suku cadang. (Alx/Odi)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website oto.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga:  Syarat Membuat SIKM untuk Domisili Jakarta dan Non-Jabodetabek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *