Gadget  

Qualcomm Resmi Kenalkan Snapdragon 8s Gen 3, Chipset Kencang dengan Fitur AI

Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 bakal dibekali fitur AI. (Qualcomm)
Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 bakal dibekali fitur AI. (Qualcomm)

Setelah serangkaian bocoran, Qualcomm resmi mengenalkan chipset kencang Snapdragon 8s Gen 3. Dapur pacu ini bakal membawa fitur kecerdasan buatan atau AI khas flagship.

Qualcomm menggunakan CPU yang di-downclock dan satu core CPU berperforma tinggi. Konfigurasi CPU mencakup satu core Cortex-X4 (3 GHz), empat core Cortex-A720 (2.8 GHz), dan tiga core Cortex-A520 (2 GHz).

Semua core CPU-nya mempunyai clock speed yang lebih rendah dari Snapdragon 8 Gen 3. Chipset ini diklaim memaksimalkan kemampuan-kemampuan premium pilihan untuk menghadirkan fitur AI generatif on-device yang next-level serta pengalaman fotografi dan gaming lebih baik.

Fitur-fitur unggulan dari platform premium terbaru ini mencakup dukungan untuk fitur AI generatif on-device yang canggih, always-sensing ISP, mobile gaming yang sangat realistis, konektivitas terbarukan, dan kompresi audio lossless yang high-definition.

Platform ini mendukung beragam model AI termasuk large language models (LLM) yang populer seperti Baichuan-7B, Llama 2, dan Gemini Nano.

Dengan kemampuan AI generatif on-device dan fitur fotografi canggih, Snapdragon 8s Gen 3 dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam mendorong kreativitas dan produktivitas di kehidupan sehari-hari. Kami sangat bangga dapat memperkenalkan varian terbaru dari seri Snapdragon 8, solusi premium kami untuk perangkat mobile, yang menghadirkan kemampuan luar biasa ke lebih banyak konsumen,” ungkap Chris Patrick, Senior Vice President and General Manager of Mobile Handset, Qualcomm Technologies, Inc.

Xiaomi selaku salah satu perusahaan yang bermitra dengan Qualcomm mengungkap bahwa AI generatif pada Snapdragon 8s Gen 3 mampu memberikan pengalaman premium.

Berkat hadirnya AI generatif, platform seluler baru ini memungkinkan kami untuk memberikan pengalaman premium yang dipersonalisasi ke pelanggan kami,” kata William Lu, Partner and President of Xiaomi Corporation, President of the International Business Department, GM of Xiaomi Brand.

Snapdragon 8s Gen 3 akan disematkan pada beberapa OEM, termasuk Honor iQOO, realme, Redmi, dan Xiaomi. Perangkat pertama yang ditenagai oleh Snapdragon 8s Gen 3 diharapkan akan meluncur pada bulan Maret 2024. Melalui bocoran ini, perangkat Xiaomi yang diduga menggunakan Snapdragon 8s Gen 3 mampu mencetak skor performa AnTuTu menembus 1,5 juta poin. Ini menyiratkan bahwa chipset tersebut cukup kencang di kelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *