Plugo Hadirkan Layanan COD Agar Tingkatkan Kenyamanan Belanja Pembeli

Plugo hadirkan layanan COD.
Plugo hadirkan layanan COD. (Foto: Dok. Plugo)

Tautekno.com – Plugo menghadirkan fitur COD (cash on delivery) untuk memudahkan seller memberikan pengiriman yang lebih beragam untuk pelanggannya.

Fitur COD di Plugo Store bisa digunakan sejak Selasa (20/2/2024). Adanya layanan ini bertujuan membantu seller untuk dapat menyediakan pembayaran yang lebih beragam kepada para pembelinya.

COD atau cash on delivery adalah metode pembayaran yang memungkinkan pembeli untuk membayar setelah menerima barang. Jenis metode pembayaran ini sudah populer sejak dulu dan beberapa e-commerce juga menerapkan layanan ini.

Saat ini layanan COD bisa diaktifkan melalui dasbor seller PlugoStore yang berlangganan paket Basic, Business, atau Enterprise dan sudah mengaktifkan cashless shipping.

“COD ini masih jadi salah satu metode pembayaran paling diminati masyarakat Indonesia. Dengan mengaktifkan pengiriman dengan sistem bayar di tempat ini, diharapkan seller Plugo bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dan otomatis meningkatkan penjualan.” Tutur Izki, Direktur PT Plugo Teknologi Indonesia.

COD adalah salah satu metode pembayaran e-commerce yang cukup populer di Indonesia. Berdasarkan Statistik eCommerce 2022/2023 dari Badan Pusat Statistik, sebanyak 82,26% transaksi di e-commerce menggunakan metode pembayaran COD.

Meskipun jadi salah satu metode pembayaran favorit konsumen, tapi sebenarnya COD juga memiliki beberapa kelemahan yang dapat merugikan pihak kurir dan juga seller. Seperti adanya kasus di mana pelanggan menolak untuk membayar pesanan yang datang padahal sudah membuka paketnya.

Demi mencegah hal seperti ini, Plugo membuat aturan di mana pembeli baru dapat membuka paket setelah melakukan pembayaran ke kurir.

“Dengan begini tentu kasus seperti pembeli membuka paket dan menolak untuk bayar bisa dihindari, ya. Jadi ini bisa meminimalisir kerugian untuk kurir dan seller” tambah Izki.

Seller Plugo Store dapat mengaktifkan layanan ini di pengaturan Metode Pengiriman. Layanan COD ini juga bisa dinonaktifkan di produk tertentu sehingga seller dapat memilih sendiri mana produk yang bisa dibayar dengan COD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *