10 Hal Penting Yang Wajib Tahu Sebelum Membeli Mobil Sedan

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/07/24/20170724110834-0c28.jpg”>

1. Ukuran dan Segmen

Sedan didefinisikan sebagai kendaraan berpintu empat yang memiliki ruang untuk bagasi dan kapasitas itu serupa dengan model lain seperti hatchback. Segmennya pun terbagi menjadi tiga ukuran dasar yaitu kompak, menengah, dan besar. Manakah yang Anda butuhkan?

Ukuran mobil sedan

2. Harga

Harga mobil sedan itu bervariasi, misalnya mobil sedan kompak baru dibandrol dengan harga Rp 100 juta untuk kelas ekonomi, Rp 300 jutaan untuk model mewah. Harga sedan ukuran menengah mulai dari pertengahan harga kelas kompak hingga Rp 800 juta. Sedangkan harga sedan besar, sebut saja dari model BMW atau Mercedes, mungkin harganya mulai dari Rp 1 miliar dan seterusnya.

3. Mesin dan Bahan Bakar

Pada mobil sedan tersedia mesin empat, lima, enam, delapan dan bahkan 12-silinder. Desain baru dan teknologi yang hemat bahan bakar sepanjang bisa jadi pertimbangan.

Baca Juga:  Pengamat: Butuh Waktu Lama Jalur Sepeda Untuk Efektif

Mesin mobil sedan

4. Keselamatan

Biasanya sedan di kelas menengah sudah memiliki fitur-fitur seperti rem ABS, airbag kursi depan atau bahkan samping, pengontrol stabilitas. Fitur seperti sensor parkir sudah mulai tersedia di sedan kelas ekonomi atau kompak, sementara sedan kelas premium memanfaatkan teknologi tinggi untuk memperingatkan pengemudi dari kondisi blind-spot. Sejumlah mobil yang juga dipasarkan di Amerika belakangan diuji lebih baik oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Dengan kata lain, fitur keselamatannya lebih baik dari model-model sebelumnya.

Mewah dan nyaman

5. Kemewahan dan Kenyamanan

6. Kapasitas

Sedan paling kompak dan menengah bisa membawa empat orang dewasa dengan nyaman. Namun jika harus bisa dimuati lima anggota keluarga pilihlah sebuah mobil sedan besar.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Vitara 2017

Ruang bagasi

7. Bagasi

Umumnya, mobil kelas kompak menawarkan kapasitas bagasi 12-13 kaki kubik, sedan menengah menawarkan 14-16 kaki kubik, dan sedan besar menawarkan 17-21 kaki kubik.

8. All Wheel-Drive?

Pada musim hujan para pengemudi harus ekstra hati-hati, terutama dalam menjaga daya cengkeram mobil saat jalan dalam kondisi licin. Fitur All Wheel-Drive atau AWD adalah sebuah nilai tambah dari segmen mobil sedan. Namun harganya tentu berpengaruh.

Mobil manual dan mobil matik

9. Manual dan Matik

10. Biaya Operasional

Sedan kompak terhitung sederhana dalam perawatan biasanya punya harga purnajual yang stabil. Ini terkait juga dengan biaya perawatannya yang terhitung lebih murah dibanding mobil kelas di atasnya. Sementara itu, ada pula mobil mewah yang nyaman dan berbiaya perawatan mahal di awal dan kemudian punya harga purnajual jatuh, walaupun biaya perawatannya tetap mahal.

Baca Juga:  Pickup Pilihan Untuk Jualan Pas Ramadan

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *