10 Alasan Mobil Tidak Bisa Dihidupkan

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/12/01/XlYbOKmo/c-dcfa.jpg”>

1. Baterai mati

Baterai merupakan nyawa bagi mobil. Ketika baterai anda bermasalah, hal ini akan berakibat pada tidak berjalannya mobil atau tidak bisa dihidupkan. Jika mobil anda mengeluarkan suara rrr-rrrr-rrrrr ketika dihidupkan, berarti baterai mobil anda dalam keadaan lemah. Ketika tidak ada suara saat mobil dihidupkan, berarti saatnya anda mengganti baterai anda.

Masalah baterai merupakan masalah utama mobil tidak bisa hidup

2. Starter yang rusak

Jika anda merasa baterai anda masih baru dan tidak mungkin mengalami kerusakan, cobalah melihat starter anda. Starter memberikan kekuatan yang diperlukan untuk menyalakan mesin. Jika anda mendengar bunyi klik, starter yang lemah atau rusak adalah penyebabnya.

3. Pengapian yang buruk

Sama dengan starter, sistem pengapian yang buruk akan membuat mesin anda tidak bisa menyala. Cobalah untuk menyalakan lampu depan anda. Jika lampu menyala, namun mesin tidak menyala, berarti penyebab mesin tidak bisa menyala adalah saklar pengapian yang buruk.

Baca Juga:  Tips Beli Mobil Bekas, Busi Perlu Ganti Kalau Kondisinya Sudah Begini

Perhatikan sistem starter dan pengapian

4. Filter bahan bakar tertutup

Tersumbatnya saringan bahan bakar membuat bensin tidak akan mencapai mesin. Filter bahan bakar harus diganti setiap 10.000 sampai 16.000 km. Kapan terakhir kali anda mengganti filter bahan bakar anda?

5. Tangki gas kosong

Jika anda lupa mengisi bahan bakar dan mencoba menghidupkan mobil tetapi tidak bisa, berarti bahan bakar andalah penyebabnya. Mobil membutuhkan cukup bahan bakar yang tersisa dalam tangki untuk memulai menghidupkan mesin.

Jangan lupa perhatikan ketersediaan bahan bakar

6. Kabel yang terbuka

Masalah kabel juga sangat berpengaruh terhadap hidupnya mobil. Kadang Coba perhatikan kabel mesin anda. Terkadang, masalahnya ada pada konektor kabel di bagian atas tangki bahan bakar. Hati-hati, kerena konektio ini sangat susah untuk dijangkau.

7. Mesin yang terkunci karena kekurangan oli

Oli mesin dibutuhkan untuk mendukung performa mesin. Jika oli mesin sudah mengental dan perlu diganti, mesin tidak akan bisa berjalan dengan baik. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab mobil tidak bisa dihidupkan.

Baca Juga:  Isi BBM Malam Hari Lebih Banyak Dibanding Siang Hari, Benarkah?

8. Sistem pembuangan tersumbat

Jika sistem pembuangan tersumbat, gas hasil pembuangan tidak bisa dikeluarkan dari mobil. Jika udara kotor tidak keluar, maka tidak ada udara yang masuk dan akan mengakibatkan mesin menjadi mati.

Karburator bisa menyebabkan backfiring atau overheating

9. Masalah pada karburator

Masalah pada karburator akan mengakibatkan backfiring atau overheating. Dengan begitu, mobil menjadi susah untuk dihidupkan.

10. Pompa bahan bakar yang tidak bekerja

Pompa bahan bakar harus berjalan selama beberapa detik saat kunci kontak dimatikan untuk mulai menyalurkan bahan bakar. Jika terjadi dengungan ketika menghidupkan mobil, berarti tidak ada pengiriman bahan bakar dari tangki ke mesin.

Ingin menggantikan pompa bahan bakar mobil, cobalah melihat video ini

Masih banyak alasan mengapa mobil tidak bisa dihidupkan. Karena mobil merupakan sebuah benda yang kompleks, satu komponen berhubungan dengan komponen lain. Maka dari itu, cobalah untuk melakukan perawatan berjangka setiap bulan untuk mencegah terjadinya kerusakan yang mungkin tidak bisa dilihat oleh mata awam.

Baca Juga:  Berbagai Warna Asap Knalpot yang Keluar Pada Mobil dan Indikasi Masalah yang Ditimbulkan

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *